Kampungku, Wisata Masa Depan

Tags




Inilah Kabupatenku. Kabupatenku bernama  Muara Enim. Muara Enim adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Muara Enim. Kabupatenku ini memiliki luas wilayah 7.300,50 km² dan populasi penduduk lebih dari 550.000 jiwa.  Secara geografis posisi Kabupaten Muara Enim terletak antara 4° sampai 6° Lintang Selatan dan 104° sampai 106° Bujur Timur. Kabupaten Muara Enim merupakan daerah agraris dengan luas wilayah 7.300,50 km², terdiri atas 20 kecamatan.
Bila menelisik tentang Perekonomian Kabupatenku, Kabupaten Muara Enim mengandalkan pertanian terutama perkebunan dalam mendorong perekonomiannya. Hal ini terlihat dari besarnya luas lahan yang digunakan untuk perkebunan. Lahan yang ada di Kabupaten Muara Enim umumnya merupakan lahan bukan sawah yaitu sekitar 96,19 persen dan sisanya merupakan lahan sawah.
Selain itu, sektor pertambangan di Kabupatenku juga berperan cukup besar dalam perekonomian Kabupaten Muara Enim, baik komposisi dengan migas maupun tanpa migas. Dalam komposisi dengan migas, peranan dominan sektor pertambangan dibentuk oleh dominasi produk minyak dan gas bumi, sementara dalam komposisi tanpa migas, sumbangan batubara masih cukup dominan. Jumlah produksi batubara tahun 2010 tercatat sebanyak 11.948.767 ton atau naik 3,54 persen dari tahun lalu yang mencapai 11.540.720 ton. Walaupun produksi briket batubara turun 88,64 persen dibanding tahun sebelumnya.
Itulah Kabupatenku, lalu akan ku bawa kalian mengenal kecamatanku yakni Ujanmas. Ujanmas merupakan diantara 20 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. Di Kecamatan Ujanmas terdapat 8 desa. Diantaranya adalah TanjungRaman, Muara Gula Lama, Muara Gula Baru, Pinang Belarik, Ujanmas Lama, Ujanmas Baru, Guci dan Ulak Bandung.
Sektor pertanian memag jadi penopang ekoonomi keluarga yang sangat dominan menjadi pilihan.  Tak terkecuali desaku, Muara Gula Lama. Banyak petani karet dan padi yang menjadi pilihan dalam kesehariannya. Namun, disisi lain, Aku membaca situasi potensial dalam perekonomian di desaku. Baik akan aku jelaskan.
Muara Gula Lama memiliki 3 Danau yang cukup Indah. Diantaranya adalah Danau Kabu, Danau Empai dan Danau Cecau. Aku berpikir besar menjadikannya sebagai objek wisata tentang ini sebenarnya. Hal itu dikarenakan, Danau merupakan salahsatu icon penting yang bisa dieksplore untuk menunjang perekonomian desa.
Amat disayangkan bila Danau hanya potensial temporal. Seharusnnya menjadi always potensial. Artinya menjadi objek wisata produktif jauh lebih baik. Selain ketiga Danau tersebut, sebenarnnya bisa ditambahkan pula Tempat kunjungan ke Sungai Gule dan Kambang Ikan. Memang rutennya cukup panjang. Akan tetapi bila setahap demi setahap dilakukan. Maka kewirausahaan sosial dapat diwujudkan dengan menjadikan Muara Gula Lama ini sebagai Objek Wisata masa depan.
Desaku tentu memanggil para putra putri desa yang kreatif, inovatif, cerdas dan berjiwa high  spiritual. Agar mampu membangun desa melalui 3 kekuatan yakni Kekuatan, Kecerdasan dan Keimanan. Insya Allah Muara Gula Lama menjadi Objek Wisata Masa Depan di Wilayah Muara Enim.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon