Rasul "Super Social Worker"

Tags





Mengapa (faktor-faktor apa saja) yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW dapat disebut 
 “super social worker” (super sosial agung)
Pembahasan:
 A.   Rasul memiliki sifat sidiq, amanah, tablig, dan fathanah

Keempat sifat ini merupakan karakter yang luar biasa dimiliki oleh baginda Muhammad SAW. Sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul pun beliau telah diberi gelar Al-Amin oleh orang arab saat itu. Sidiq berarti jujur. Artinya Rasullullah SAW tidak pernah bohong atau berpura-pura.Dapat dikatakan Rasul bersifat objektif. Kemudian, amanah berarti dapat dipercaya. Seluruh janjinya selalu ditepati dan perkataannya dapat dikatakan kebenarannya. Tablig berarti menyampaikan. Rasul orang yang berjiwa social tinggi yakni amar ma’ruf nahi munkar. Kemusian, sifata fathanah  yang berarti cerdas. Beliau adalah sosok ilmuan cerdas yang memberikan solusi, pengajaran/ibrah, dan panutan. Bidang yang empat ini merupakan sifat yang dijunjung dan diamalkan peksos. Sementara itu, Rasul telah memiliki sifat yang mulia ini.
B.  Rasullullah SAW adalah konsultan handal dan setia
Ali bin Abi Tholib adalah klain yang diberi gelar babul ‘ilmu. Kenapa ini terjadi? Karena Ali adalah orang yang aktif bertanya pada Rasullullah. Lalu Rasul pun senantiasa menjawab semua pertanyaan darinya. Rasul menunggu kepuasan Ali dalam bertanya sampai Ali mengutarakan pertanyaannya.Rasul pun setia menjawab kala Ali bertanya padanya.
C.  Rasullullah kepala keluarga yang dicintai
Aisyah adalah salah satu istri Rasul yang dinikahinya dalam usia masih sangat muda. Rasul mengajaknya bermain karena istrinya masih dalam kadar anak-anak. Jika dianalogikan mungkin saat ini diajak main lompat-lompatan, kelereng, masak-masakan atau yang lainnya. Dulu pernah Rasul mengajak Aisyah untuk menonton permainan pedang, jika dianalogikan berarti  bahwa istrinya diajak ke tempat hiburan atau bioskop.Rasul pun sayang pada anak-anaknya dan cucu-cucunya. Conto ketika Hasan naik di badan Rasul ketika beliau sedang sholat. Namun, Rasul tetap bersabar sampai Hasan turun dari belakangnya. Baru kemudian beliau melanjutkan gerakan sholatnya.
D.  Rasullulah pemimpinyang merakyat dan hebat
Ketika hijrahnya Rasul ke Madinah, beliau mempersaudarakan seluruh suku disana terkecuali yahudi. Suku aus dan khanraj yang senantiasa rebut tetapi rasul membuatnya menjadi berdamai.Rasul pun berpakaian yang biasa tanpa berlebihan walu beliau sebagai kepala Negara. Beliaujuga tetap santun pada orang yang menghinanya atau berlainan agama. Baginda pengasing pada orang yang dijumpainya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon