Peringatan Cinta di Hari IBU

Tags



Do’a Anak Rantauan untuk Ibu dan Ayah

Oleh Reno Anugerah Pratama
Tak ada diantara kita yang asing mendengar kata “Ibu”. Ya, beliaulah sosok super hero setiap seorang manusia. Siapakah yang dapat menandingi jasanya?  Sepanjang survey sejarah, tidak ada yang bisa menandinginya. Alasan terpenting adalah siapa yang mau berkomentar tentang itu maka ia akan menyadari bahwa komentator pun terlahir dari sosok Ibu.
Begitu besarnya kasih sosok Ibu. Dalam wacana agama, bahkan Tuhan pun dalam hadits qudsinya menyatakan pada calon bayi yang akan lahir “ Engkau akan dijaga di muka bumi oleh malaikatmu, engkau boleh memanggilnya dengan seruan IBU”.  Hal tersebut membuktikan secara esensi Ibu adalah sosok yang istimewa dalam hidup manusia.
Begitu besarnya cinta Ibu terhadap anak-anaknya. Mulai  Mengandung selama Sembilan bulan sepuluh hari, melahirkan dengan penuh perjuangan, menyusui, membesarkan dengan cinta bersama Ayah.
Sebuah ungkapan yang saya ingat dari ibu saya “Nak, jangan jadi anak durhaka, sholatlah, jangan banyak bermain-main, rajinlah belajar, dengan orang lain harus ramah agar tidak dibenci orang, terhadap orang lain harus penyayang, jangan pelit pada orang lain dan diri sendiri, dan yang terpenting taatlah pada Allah SWT”
Kini aku, kamu dan kita semua di bumi rantauan. Hanya do’a yang dapat kita lantunkan
“ Yaa Robb, segala puji bagimu, Allahumma sholli ala Muhammad
Yaa Rahim, Robbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama robbayani shoghiro”
Yaa Allah, kini aku sedang di bumi rantauan. Jauh aku dengan Ibu dan Ayahku
Yaa Allah, karuniakanlah kesehatan kepada mereka, rahmatilah mereka, datangkanlah rezeki yang halalan thoyyiban yang banyak dan berkah, Lindungilah mereka Yaa Robb
Yaa Allah, dalam peringatan hari Ibu ini, tambahkanlah ni’mat Iman, Islam kepada ibu kami, jauhkanlah malapelata bahaya dan penyakit padanya-begitu pula dengan Ayah kami yang setia mendampinginya-
Yaa Allah, Jagalah Ibu kami- Jagalah pula Ayah kami
Robbana Atina fiddunya Hasana Wafil akhiroti hasana Waqina Azabannar”

Semoga Allah merahmati kita dan Keluarga besar kita serta Muslim  Muslimat Mu’minin Mu’minat. Kita adalah harapan Ibu dan Ayah kita, mari tunjukan prestasi padanya, tunjukan kesholihan kita padanya, dan ucapkan do’a kala sholat kita.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon